Selamat datang di blog seorang pribadi pembelajar :) Namaku Hawari, namamu siapa?

Wednesday 8 November 2017

Pengalaman Presentasi Konferens : Ternyata Gak Sesulit Itu


Held at 6-7 November @ITB

Kemarin aku habis presentasi di konferens internasional, ICICI-BME. Diselenggarakan oleh IEEE(Asosiasi Insinyur Elektronika) cabang Indonesia, dengan panitia adalah tim biomedical engineering nya ITB. Alhamdulillah, aku bisa ikutan konferensnya, which cost 1 million rupiahs (mahal yak? Padahal itu udah termasuk murah, di konferens yang lain ada yang 2.5 jt. Fhuu). Dibayarin sama perusahaan. Gimana ceritanya?

Well, semua bermula dari aku gak bisa ngambil mata kuliah wajib semester 4 karena permasalahan praktikum, yakni praktikum Elektronika. Karena ada slot SKS kosong yang cukup banyak akhirnya aku pun mulai mencari-cari mata kuliah non elektro yang menarik. Kata kuncinya jelas, biomedik! My long lasting dream. Sampai akhirnya aku menemukan satu mata kuliah fisika untuk tingkat 2, yakni Instrumentasi Medis. Mata kuliah ini kuikuti, dan very luckily, salah satu asisten dosen yang mengajar di kelas adalah seorang peneliti di C-Tech Labs milik Pak Warsito. Awalnya aku nggak kebayang, tempatnya seperti apa, sampai kemudian.. Aku KP disana! Saat proses pencarian tempat KP di akhir semester 6, aku mencoba menghubungi asdos ini lagi. Alhamdulillah, beliau mempermudah proses menjadi mahasiswa KP disana.

KP pun dimulai sekitar sejak awal Ramadhan, dan berakhir sekitar sebulan setelah Idul Fitri. Banyak hal menarik yang sebenarnya aku juga tertarik untuk menceritakan, but my mood, really, some events that happened recently kill my mood drastically. Yah, di sana aku merasakan banyak hal luar biasa. Aku baru tahu bahwa bekerja itu semenarik itu. Kita bangun tiap pagi, bersiap untuk kerja. Kerja, pulang, dan dengan kerjaan-kerjaan tambahan yang kita mau. It's like my life got a new routine, meaningful routine. Ga kayak waktu kuliah yang keos dan jadwalnya ancur -_-. Dapet pengalaman, kenalan, dan apa hubungannya dengan konferens? Well, at the end of our internship we're asked to make a paper about our research there. After that, we submitted it to the conference committee, and.. Tadaaa! Two from 3 teams from our internship are invited to present our presentation there!

Jadilah kemarin aku mempresentasikan semua kerjaan selama 2 bulan hanya dalam 15 menit dan 10 slide. Which is very stressful and confusing for me at first. Awalnya aku bingung luar biasa apa aja yang harus diisi di dalem presentasinya, apakah semuanya bisa dikompres dan dipadatkan hanya dalam sekian slide?? Apa aja isinya kalau gitu? Momen-momen pengerjaan adalah momen-momen penolakan, aku ngerjain sambil buka game. Eh, seringnya karena pusing aku malah ngejalanin game nya daripada ngerjain slide -___-". Awalnya teh pusyiang(pusing) banget, bingung, dan tekanan makin meninggi. Sampai akhirnya waktu J-1, aku masih di kosan soalnya PPT baru banget aja selesai bagian kesimpulan. Belum sempat simulasi, kata-kata yang mau disampaikan belum semuanya tersusun.

Sebelum aku berangkat dari kosan, mendadak hujan. Harus banyak do'a. Termasuk do'a semoga hujannya gak deres-deres banget jadi aku masih bisa berangkat. Banyak minta do'a ampunan biar semoga ga ada masalah berarti. Berangkat dari kosan jam 14.40, harus presentasi jam 15.15. Agak gila sih. Tapi ya gimana lagi ya. Sampai di kampus jam 15.01, mikir mau shalat dulu atau langsung ke lokasi. Akhirnya? Ke masjid salman dulu, wudhu, liat jam, 15.08. Ya udah gajadi ngikut shalat deh habis wudhu, langsung ke lokasi aja. Pas, presenter pertama lagi presentasi. Lima menit setelah itu, aku yang presentasi. Wuhh.. mepet banget coy.

Aku presentasi, dan cuman dapet 1 pertanyaan. Ternyata.. gak sesulit itu :((. Segala stress yang tertumpuk waktu sebelum presentasi itu, ternyata gak perlu sebingung dan se-pusyiang itu. Audiens nya juga cuman 10 orang aja, terus situasi nya juga santai tapi formal. Walaupun hampir telat, ternyata mostly, 90% dari yang kurencanakan untuk kusampaikan juga bisa tersampaikan. Bahasa inggris nggak bletat bletot, tetep bagus.

Allah, aku jadi ngerasa sangat kasihan dengan diri sendiri yang sampai harus segitunya karena stress mempersiapkan. Ternyata sangat dimudahkan dan hanya perlu penjelasan yang jelas aja, gak usah ribet-ribet. Overall, alhamdulillah banget.

Notes : Logo EMB.
Asosiasi Insinyur Biomedik.
Kalau kalian pernah baca DDS dan tahu Meiosei, mungkin kalian juga akan muncul kecurigaan-kecurigaan tertentu =-=.

Share:

0 komentar:

Post a Comment