Selamat datang di blog seorang pribadi pembelajar :) Namaku Hawari, namamu siapa?

Wednesday 23 January 2019

Riweuh Numbering di Microsoft Word

Alhamdulillah, postingan ini sekadar ingin menyimpang kenangan dan solusi akan ribetnya proses numbering di MS Word 2010. Mungkin kalian juga pernah mengalaminya.

Problem : Bikin numbering.
1.0 BAB 1
1.1 sub-bab 1
1.1.1 sub 1 - sub bab 1
1.1.2 sub 2 - sub bab 1
1.2 sub-bab 2
1.2.1 sub 1 - sub bab 2
1.2.2 sub 2 - sub bab 2
1.2.3 sub 3 - sub bab 2

2.0 BAB 2
2.1 sub bab 1
1.2.4 sub 4 - sub bab 2 dari bab 1 (%$%#%@@!!!)
1.2.5 sub 5 - sub bab 2 dari bab 1 (&^&%!#!#$$!!)

#stress
 ---------------------------------------------
Kadang hal seperti di atas terjadi, dari tadi dan bahkan kemarin-kemarin juga aku agak stress sama urusan ginian. Apa sih solusinya? Supaya setelah 2.1, itu masuknya ke 2.1.1. Tapi, ternyata sama MS Word malah dibalikin ke 1.2.4, sub-sub bab sebelumnya di bab 1. Ini pusing dan ngeselin banget.

Nah, gimana opsi solusinya? Aku nemu 3, dan ke-3 yang paling ampuh dan sedang kugunakan.

1. Hoki-hokian
Coba delete 1.2.4 nya, terus ketik manual 2.1.1, lalu tekan spasi. Atau, 2.1.1 JUDUL, lalu tekan enter. Jika kita beruntung, kita akan dapati 2.1.1 akan maju menjadi sebuah numbering yang kita harapkan. Kalau tidak, ... lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Pakai fitur styles

Di kanan atas, di window HOME, ada styles. Di sana ada beberapa jenis heading disertai nomor-nomor numberingnya. Pilih yang paling cocok, atau paling mendekati. Tapi jika masih tidak ada yang pas, maka tetap pilih yang paling mendekati, lalu klik kanan pada number itu dan pilih set numbering value. Ganti menjadi yang diinginkan. Jika tidak bisa, .. lanjut lagi ke opsi selanjutnya.

3. Sukses
Cara ini mirip dengan cara 1, tapi setelah mengetik nomor yang kita inginkan, jangan gunakan space, atau tulis judul yang diinginkan lalu enter. Tapi, setelah mengetik nomor, tekan tombol TAB.
2.1.1 (tekan TAB)
Taraa, berubahlah dia menjadi number sesuai dengan yang kita ketik.

Alhamdulillaah..

Nanti akan muncul permasalahan-permasalahan selanjutnya, tetapi setidaknya masalah paling pertamanya sudah terselesaikan. Masalah selanjutnya mah tinggal penyesuaian aja, kaya tinggal increase/decrease indent di sebelah kirinya opsi numbering pada window HOME. Oke mantaps.


#suksesTA
Share:

0 komentar:

Post a Comment